Selasa, 13 Maret 2012

MYOB - Creat New File

Hal yang sederhana, yang sering terlupakan. Ketika sudah membuat file baru, selanjutnya kita selalu melakukan “open file”. Begitu akan “Creat new file”, lupa gimana langkah-langkahnya. Well, aku akan membantu mengingatkan cara membuat file baru di MYOB. #MYOB mesti sudah terinstal yah……

1.       Pada saat membuka applikasi MYOB akan tampil form berikut.
 2.       Pilih button “creat” maka akan muncul form “New company File Assistant” seperti tampilan berikut
 Untuk Intorduction / pengenalan, chum bisa baca keterangannya, kalau tidak tau artinya bisa di translate di google translator yaa!!!

3.       Clik “Next” button, maka akan tampil Company Information, silahkan chum input/masuk-kan data perusahaan seperti pada gambar berikut.

4.       Jika sudah dilengkapi data informasi perusahaan, silahkan chum klik tombol “Next” sehingga tampilan beralih ke tampilan Accounting Information seperti gambar berikut
 Keterangan :
Current Financial Year  = Periode Tahun Pembukuan (keuangan), ex. Tahun 2011 (tahun transaksi)
Last Month of Financial Year = bulan akhir Periode Pembukuan (Tutup buku), ex. Bulan Desember (di Indonesia kebanyakan tutup buku tahunan di akhiri di bulan Desember)
Conversion Month = Bulan Awal Periode Pembukuan, ex. Bulan Januari (dan di awali pembukuan di bulan Januari)
Klik tombol next untuk mengetahui apakan periode pembukuan sudah benar sesuai periode pembukuan perusahaan.
5.       Jika chum sudah yakin periodenya, silahkan klik tombol next untuk memilih account list yang diinginkan
 
I Would like to start with one of the lists provided by MYOB Accounting klik pilihan inijika chum membuat bagan akun dengan template bagan akun yang sudah disediakan oleh MYOB, sesuai dengan jenis atau nemtuk usaha perusahaan accountlist sudah disediakan MYOB
I Would like to import a lists of accounts provided by my accountant after I’m done creating my company file klik pilihan ini jika chum akan mengimpor bagan akundari file perusahaan yang sudah dibuat sebelumnya.
I would like to build my own accounts list once I begin using MYOB klik pilihan ini jika chum akan membuat sendiri bagan akun sesuai dengan jenis perusahaan anda.
Untuk Account list aku sarankan chum pilih pilihan yang ke tiga, membuat account sendiri.

6.       Next dan akan tampil company file, dimana chum bisa menyimpan file ke local yang chum inginkan, misalkan akan menyimpan di local D, maka klik change button, kemudian tentukan lokasi penyimpanan di local D, pilih save.
 7.       Klik next akan muncul tampilan conclusion seperti tampilan berikut. Sebelum chum next ketampilan selanjutnya, ada baiknya pilih setup assistant untuk membantu prosedur kerja pada MYOB nantinya.
 8.       Slamat mencoba.

4 komentar:

  1. sukses kak' sgant bermanfaat ...
    makasih :) ibu....

    BalasHapus
    Balasan
    1. sukses juga de'...
      semoga bermanfaat.. amiiinn

      Hapus
  2. mba lala mohon pencerahannya
    saya mau closing data th 2012, apakah data 2013 akan hilang jg?karena saya sudah input data 2014 teteapi tidak bisa muncul dalam system karena data 2012 blm di closing, mohon bantuannya terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf baru sempat balas...
      - untuk tutup buku tahunan (akhir tahun) pada MYOB di sediakan fasilitas "Start Financial New Year"

      namun sebelum melakukan tutup buku akhir tahun, ada baiknya data dibuckup dulu, untuk menghindari kerusakan file atau hilang atau tumpang tindih..
      data ini nantinya akan bisa di restore kembali...

      Hapus